• Senin, 3 Oktober 2022

BPS Kabupaten Nagekeo Gelar Sosialisasi Desa Cantik, Saatnya Desa Bersolek Dengan Data dan Potensi

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:18 WIB
BPS Kabupaten Nagekeo gelar sosialisasi Desa Cantik, saatnya Desa bersolek dengan data dan potensi. (sl/Ist/storiloka/Istimewa)
BPS Kabupaten Nagekeo gelar sosialisasi Desa Cantik, saatnya Desa bersolek dengan data dan potensi. (sl/Ist/storiloka/Istimewa)

STORILOKA.COM - Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Nagekeo menggelar sosialisasi Desa Cinta Statistik yang disingkat Desa Cantik di Aula Setda Kabupaten Nagekeo pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan menyusul pencanangan Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik oleh Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, pada upacara peringatan HUT RI ke 77, pada Rabu (17/8/2022).

Kepala BPS Kabupaten Nagekeo, Abdul Azis, mengatakan bahwa sebagai pembina statistik sektoral, BPS menyelenggarakan program Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik ini.

Baca Juga: Pencanangan Desa Cantik Di Kabupaten Nagekeo, 7 Desa Mewakili 7 Kecamatan Pada HUT RI ke 77

"Desa Cantik merupakan salah satu program optimalisasi dan standarisasi pembinaan statistik sektoral yang berfokus pada desa," ujarnya.

Abdul Azis juga mengatakan bahwa dengan program Desa Cantik, diharapkan tata kelola data di tingkat desa dapat ditingkatkan mulai dari pengumpulan data, pengolahan, analisis, desiminasi data hingga pemanfaatan data untuk penyusunan program kerja dan kebijakan di tingkat desa menuju desa mandiri.

"Dengan pengelolaan data yang baik di tingkat desa, data di tingkat pemerintah lebih atas seperti kecamatan dan kabupaten juga akan lebih berkualitas," jelasnya.

Baca Juga: Sukses Goyang Istana Presiden Jokowi, Akhirnya Farel Prayoga Jadi Duta Kekayaan Intelektual Pelajar

Menurut Abdul Azis, jika seluruh desa sudah menjadi Desa Cantik, maka pemborosan akan diminimalisir dan perencanaan pembangunan akan benar-benar berdasarkan data yang tersedia dengan baik, berdasarkan kebutuhan dan prioritas.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X