• Kamis, 30 Juni 2022

BMKG Ingatkan Warga Waspadai Angin Kencang Akibat Sistem Tekanan Rendah di NTT

- Kamis, 19 Mei 2022 | 12:54 WIB
Ilustrasi angin kencang. (sl/Ist/net)
Ilustrasi angin kencang. (sl/Ist/net)

STORILOKA.COM - BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, menghimbau warga agar mewaspadai potensi angin kencang di wilayah NTT akibat munculnya sistem tekanan rendah selama beberapa hari ke depan.

"Adanya satu sistem tekanan rendah di sekitar Selat Karimata yang berada di barat daya Kalimantan menyebabkan angin kencang di wilayah NTT dan perlu diwaspadai," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG, Agung Sudiono Abadi, menanggapi peringatan dini cuaca di NTT selama tiga hari ke depan (19-21 Mei) di Kupang, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: BMKG Sebut 8 Daerah di NTT Ini Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Menurut Agung Sudiono Abadi, potensi angin kencang dapat mengakibatkan tumbangnya pohon, baliho, tiang, dan sebagainya yang dapat mengancam keselamatan warga sekitar.

"Karena itu, kami himbau warga tetap waspada dan menghindari kondisi rawan ketika terjadi angin kencang," ujarnya.

Agung Sudiono Abadi mengatakan bahwa potensi angin kencang di saat musim kemarau juga sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca Juga: Waspada, Gelombang Tinggi Berpeluang Hampiri Wilayah Perairan NTT

Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas, baik disengaja maupun tidak, yang dapat memicu munculnya titik api di area terbuka.

Masyarakat perlu melakukan mitigasi karhutla, seperti tidak membuka lahan dengan cara membakar atau membuang puntung rokok di tumpukan rumput atau dedaunan kering.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X