• Kamis, 30 Juni 2022

Waspada, Gelombang Tinggi Berpeluang Hampiri Wilayah Perairan NTT

- Selasa, 17 Mei 2022 | 21:03 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi. (sl/Ist/Antara/Sumarwoto)
Ilustrasi gelombang tinggi. (sl/Ist/Antara/Sumarwoto)

STORILOKA.COM - Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang, Syaeful Hadi, mengatakan bahwa gelombang tinggi berpeluang menghampiri beberapa bagian wilayah perairan NTT pada 18 sampai 20 Mei 2022.

Menurut Syaeful Hadi, gelombang setinggi 2,5 meter berpotensi muncul di wilayah perairan selatan Sumba bagian barat, Laut Sawu, perairan selatan Kupang-Rote, dan Samudera Hindia selatan Kupang-Rote.

"Gelombang 2,5 meter perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran perahu nelayan maupun kapal tongkang," kata Syaeful Hadi, di Kupang pada Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: BMKG sebut NTT wilayah rawan gempa bumi dan tsunami

Selain itu, ia juga mengatakan gelombang setinggi 2,5 meter sampai 3 meter yang berisiko membahayakan pelayaran kapal feri berpotensi muncul di Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu.

Syaeful Hadi menjelaskan pula bahwa hasil analisis kondisi sinoptik menunjukkan umumnya angin bertiup dari arah timur laut ke tenggara dengan kecepatan 2 sampai 6 Skala Beaufort.

Ia pun menghimbau para nelayan dan operator kapal memperhatikan perkembangan kondisi cuaca di wilayah perairan dalam menyiapkan rencana pelayaran. ***

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X