• Kamis, 30 Juni 2022

Kepala BNPB : Percepat Perbaikan Rumah Pasca Bencana Siklon Tropis Seroja di NTT

- Jumat, 13 Mei 2022 | 02:43 WIB
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, saat rapat koordinasi percepatan pelaksanaan bantuan stimulan BNPB dalam perbaikan rumah pasca bencana Siklon Tropis Seroja di Aula Kantor Gubernur NTT. (sl/Ist/bnpb)
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, saat rapat koordinasi percepatan pelaksanaan bantuan stimulan BNPB dalam perbaikan rumah pasca bencana Siklon Tropis Seroja di Aula Kantor Gubernur NTT. (sl/Ist/bnpb)

STORILOKA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyerukan percepatan perbaikan rumah pascabencana Siklon Tropis Seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Letjen TNI Suharyanto dalam rapat koordinasi percepatan pelaksanaan bantuan stimulan BNPB dalam perbaikan rumah pasca bencana Siklon Tropis Seroja di Aula Kantor Gubernur, Kupang, pada Kamis (12/5/2022).

"Percepatan ini diperlukan agar masyarakat terdampak segera memperoleh hunian dan di sisi lain pemanfaatan dana stimulan dapat mendukung pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19," kata Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Sebanyak 40 Produk UMKM Nagekeo Bangkit Ramaikan Pameran UMKM di Labuan Bajo

Kunjungan tersebut untuk memastikan percepatan penanganan yang sudah memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi serta mendampingi pemerintah daerah setempat apabila mengalami kesulitan teknis.

Kehadiran kepala BNPB juga sekaligus menjadi wujud perhatian pemerintah pusat dalam rangka pemulihan pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor akibat Siklon Tropis Seroja di NTT pada Minggu (03/4) tahun lalu.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, terdapat 16 kabupaten akan diberikan dana stimulan untuk perbaikan dan pembangunan rumah yakni Kabupaten Rote Ndao, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Sumba Timur, Kupang, Sabu Raijua, Sumba Barat, Ende, Belu, Malaka, Flores Timur, Alor, Ngada, Lembata, dan Manggarai Barat.

Baca Juga: Ada Jutaan Keluarga di Indonesia Berisiko Stunting

Progres per 10 Mei 2022, perbaikan dan pembangunan masih rendah, walaupun Kota Kupang, Kabupaten Ende, dan Kabupaten Rote Ndao telah berproses melakukan perbaikan dan pembangunan rumah rusak.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X