Pantasan Banyak yang Daftar, Ternyata Segini Nominal Gaji dan Tunjangan Anggota PPS di Pemilu 2024

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB
Ilustrasi gaji dan tunjangan PPS di Pemilu 2024. (Pixabay.com/EmAji)
Ilustrasi gaji dan tunjangan PPS di Pemilu 2024. (Pixabay.com/EmAji)

STORILOKA.COM – Usai melalui tahapan seleksi yang panjang, ribuan anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS kini secara resmi menjadi anggota PPS untuk Pemilu 2024 usai melalui proses pelantikan hingga hari ini.

Di beberapa kecamatan di Kabupaten Flores Timur, misalnya, per hari ini sebanyak 750 PPS dilantik. Jumlah ini akan tersebar di 250 kelurahan/desa di 19 kecamatan yang ada di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tentunya jika dihitung-hitung dalam skala yang lebih luas, anggota PPS di seluruh Indonesia boleh jadi akan mencapai puluhan bahkan ratusan ribu di Pemilu 2024 nantinya.

Baca Juga: Soal Razman Nasution Jaminkan KTP saat 'Ngamar', Hotman Paris: Menjijikkan!

Diketahui, PPS merupakan badan ad hoc yang dibentuk oleh KPU dengan tujuan menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) di tingkat kelurahan atau desa.

Pembentukan badan ad hoc Pemilu, salah satunya PPS, diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum RI (PKPU) Nomor 3 Tahun 2018.

Dilansir dari bawaslu.go.id, PPS dibentuk paling lambat enam bulan sebelum penyelenggaraan Pemilu, dan harus dibubarkan paling lambat dua bulan setelah hari pemungutan suara.

Baca Juga: Pria Ini Gacor Ratusan Kali Lipat dari Game Online, Modal Rp500 Ribu, Raup Keuntungan Rp80 Juta Per Bulan

PPS beranggotakan tiga orang yang dipilih dan dilantik dari kalangan tokoh masyarakat yang telah memenuhi kriteria.

Dari ketiga orang tersebut, salah satunya akan menjabat sebagai ketua, sedangkan sisanya sebagai anggota. Masing-masing menjalankan peran dan tugas yang berbeda-beda.

Anggota PPS untuk Pemilu 2024 yang sudah dilantik, nantinya akan menerima besaran gaji dan tunjangan yang sudah ditetapkan sesuai dengan aturan KPU mulai bulan Februari 2023.

Baca Juga: Ini Daftar Perguruan Tinggi di Indonesia untuk Beasiswa LPDP, Cek Sebelum Mendaftar

Besaran gaji untuk PPS berbeda-beda sesuai jabatan dan tugasnya sebagai ketua maupun anggota. Meski begitu, tunjangannya tetap sama.

Lantas, berapa sih besaran gaji dan tunjangan yang didapatkan di Pemilu 2024?

Halaman:

Editor: Ade Riberu

Sumber: bawaslu.go.id, indonesiabaik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X