• Sabtu, 20 Agustus 2022

Kemenkes : QR Code Berstandar WHO Permudah Perjalanan Internasional

- Senin, 27 Juni 2022 | 07:00 WIB
Gerai teknologi QR Code berstandar WHO di Hotel Marriot Yogyakarta. (sl/Ist/Antara/Andi Firdaus)
Gerai teknologi QR Code berstandar WHO di Hotel Marriot Yogyakarta. (sl/Ist/Antara/Andi Firdaus)

STORILOKA.COM - Kementerian Kesehatan RI menampilkan peragaan uji coba teknologi kode respons cepat Quick Responce Code (QR Code) berstandar internasional untuk mempermudah administrasi perjalanan luar negeri yang mensyaratkan validasi vaksin.

"Ini adalah jawaban atas kesulitan masyarakat internasional, termasuk Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Karena kita tahu, sertifikat vaksin di setiap negara berbeda," kata Chief of Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, di Yogyakarta, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Sekretaris Jenderal PBB : Kita tidak boleh menyerah untuk orang-orang Suriah

Ia mengatakan bahwa konsep tersebut mengharmonisasikan standar protokol dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berbasis pada QR Code tunggal.

Sehingga, meskipun sertifikat vaksin pelaku perjalanan dimuat dalam berbagai aplikasi yang berbeda di setiap negara, namun sistem validasinya menggunakan QR Code yang sama.

Uji coba tersebut dihelat di Hotel Marriot Yogyakarta yang bertepatan dengan perhelatan The 1st Health Ministers Meeting (HMM) 2022 pada 20-21 Juni 2022.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Perempuan, Cegah Kanker Payudara hingga Penyakit Jantung

Peserta uji coba dari kalangan tamu undangan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk melewati gerbang validasi QR code.

Pada tahap awal, peserta membuka menu "Sertifikat Vaksin" pada aplikasi yang berlaku dari negara asal untuk mengakses fitur QR code di ponsel pintar mereka. Selanjutnya, petugas otoritas perjalanan memandu proses validasi vaksinasi.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X