• Kamis, 30 Juni 2022

Jusuf Kalla Sebut 2022 Merupakan Tahun Politik yang Romantis

- Jumat, 17 Juni 2022 | 09:17 WIB
Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, saat menjadi pembicara utama dalam seminar kebangsaan Rakernas Partai NasDem di Jakarta, Kamis (16/6/2022). (sl/Ist/Antara/Hafidz Mubarak)
Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, saat menjadi pembicara utama dalam seminar kebangsaan Rakernas Partai NasDem di Jakarta, Kamis (16/6/2022). (sl/Ist/Antara/Hafidz Mubarak)

STORILOKA.COM - Wakil Presiden Indonesia ke-12, Jusuf Kalla, mengatakan bahwa warsa 2022 ini merupakan tahun politik yang sangat romantis karena partai politik tengah mencari pasangan yang cocok untuk maju pada Pemilu 2024.

"Banyak yang mengatakan bahwa tahun ini politik akan panas. Saya katakan tidak, ini tahun politik yang sangat romantis," kata Jusuf Kalla, saat menjadi pembicara pada Seminar Kebangsaan dalam rangkaian Rakernas Partai NasDem di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Jusuf Kalla pun menjelaskan mengapa tahun ini adalah tahun politik yang romantis, karena pada tahun ini banyak yang tengah mencari pasangan seperti muda-mudi yang kasmaran.

Baca Juga: Australia Intensifkan Serangan Diplomatik Lawan China di Wilayah Pasifik

"Kenapa romantis? Karena sama dengan orang pacaran, semua cari pasangan yang cocok memenuhi syarat, lobi cari pasangan, jadi ini tahun cari pasangan," kata Jusuf Kalla.

"Jadi begitulah suasana politik kita, tapi tentunya siapa terbaik akan terpilih. Memang tidak mudah untuk jadi tahun romantis karena banyak hal yang menjadi faktor, pasangan, faktor partai, dan juga faktor elektabilitas," sambungnya.

Menurut Jusuf Kalla, elektabilitas menjadi satu di antara beberapa faktor kendala para aktor politik mencari pasangan.

Baca Juga: Demonstrasi di India Bergulir Jadi Kerusuhan Protes Kebijakan Rekrutmen Militer

"Pasangan, partai, dan elektabilitas. Ini jadi satu suasana sulit. Elektabilitas tinggi tapi tidak ada partai. Ada yang terbaik punya partai, punya partai tapi tidak terbaik," ujarnya.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X