• Kamis, 30 Juni 2022

Dedi Mulyadi dorong Pembentukan Lembaga Tangani Kejahatan Lingkungan

- Kamis, 16 Juni 2022 | 08:00 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi. (sl/Ist/dokpri)
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi. (sl/Ist/dokpri)

STORILOKA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi, mendorong Pemerintah untuk membentuk lembaga khusus yang menangani kejahatan lingkungan dan hutan di Indonesia.

“Kejahatan hutan dan lingkungan adalah kejahatan kemanusiaan yang lebih jahat dari terorisme,” kata Dedi Mulyadi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (15/6/2022)

Menurut Dedi Mulyadi, pemerintah harus tegas menindak segala bentuk kejahatan lingkungan. Karena kejahatan lingkungan dan perusakan hutan adalah perbuatan yang akan merusak generasi mendatang.

Baca Juga: Partai NasDem Ingin Hadirkan Pemilu yang Mempersatukan Bangsa

Atas hal itu, ia mendorong agar pemerintah segera melakukan evaluasi penegakan hukum. Termasuk di antaranya mendorong agar kejahatan lingkungan dan perusakan hutan ditangani oleh satu lembaga khusus.

Dedi Mulyadi mengatakan jika penanganan kejahatan lingkungan dan perusakan hutan ditangani oleh berbagai instansi berwenang maka dari segi penanganan akan memiliki perspektif yang berbeda. Sehingga hal tersebut harus menjadi satu kesatuan.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Yakin Segera Selesaikan Masalah Minyak Goreng

KPK itu dulu dibentuk karena ada keresahan korupsi yang terus meningkat di Indonesia, dan kejahatan lingkungan juga perusakan hutan kini cenderung meningkat dan penanganannya agak susah. Untuk itu perlu lembaga khusus yang menangani mulai dari penyelidikan, penyidikan, penindakan, penahanan sampai ke penuntutan,” kata Dedi Mulyadi.

Ia meyakini jika lembaga tersebut fokus dalam mengawasi dan melakukan penindakan, maka lingkungan dan hutan di Indonesia akan terjaga, itu juga bisa meminimalisir bencana alam.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X