• Kamis, 30 Juni 2022

Ini Profil Zulkifli Hasan yang Dilantik Menjadi Menteri Perdagangan

- Rabu, 15 Juni 2022 | 16:51 WIB
Zulkifli Hasan. (sl/Ist/Antara/Laily Rahmawati)
Zulkifli Hasan. (sl/Ist/Antara/Laily Rahmawati)

STORILOKA.COM - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, telah dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi.

Pelantikan itu berlangsung di Istana Negara, Rabu (15/6/2022) siang yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Pelantikan ini dihadiri pula oleh ketua umum partai politik pendukung pemerintah.

Sebelum dilantik menjadi Menteri Perdagangan, pria yang akrab disapa Zulhas itu menjabat sebagai Ketua MPR RI periode 2014-2019. Juga sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Menteri dan Wamen Baru

Selain itu, Zulhas juga menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Lampung 1 untuk periode 2004-2009.

Tidak hanya di legislatif, Zulhas juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan, saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2009-2014.

Zulhas juga merupakan pengusaha sukses. Mengutip Wikipedia, deretan perusahan yang didirikan Zulkifli Hasan antara lain PT Batin Eka Perkasa, PT Panamas Mitra Inti Lestari, PT Sarana Bina Insani, PT Hudaya Safari Utama, dan PT Batin Eka Perkasa.

Baca Juga: Tahun 2023 Bayar Pajak Cukup Pakai KTP

Dari sisi pendidikan, Zulhas telah menerima dua kali gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa), yaitu untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University Seoul, Korea Selatan, dan yang kedua, untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: RRI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X