• Senin, 3 Oktober 2022

Mendagri : Indonesia Harus Jadi Rujukan Penyelenggaraan Pemilu

- Rabu, 15 Juni 2022 | 07:38 WIB
Mendagri Tito Karnavian saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta. (sl/Ist/Tangkapan layar)
Mendagri Tito Karnavian saat memberikan sambutan pada acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 di kantor KPU, Jakarta. (sl/Ist/Tangkapan layar)

STORILOKA.COM - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, berharap Indonesia dapat menjadi rujukan dunia dalam menyelenggarakan sebuah kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Harapan itu disampaikan Tito Karnavian saat memberikan sambutan di acara "Peluncuran Tahapan Pemilu 2024" di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, pada Selasa (14/6/2022) malam.

Untuk itu, Tito Karnavian pun meminta kepada KPU agar mampu mendorong masyarakat turut serta dan berpartisipasi dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

Baca Juga: Ketua DPR RI : Pemilu Diselenggarakan Harus Sesuai Prinsip Demokrasi

"Karena itu, dorong partisipasi pemilih yang tinggi," ujarnya.

Selain itu, Tito Karnavian juga meminta KPU untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat agar mengetahui hak-hak mereka dalam Pemilu.

"Agar masyarakat paham tentang hak-haknya dalam election, pemilihan, karena ini menentukan perjalanan bangsa ke depan," ujarnya.

Di samping itu, Tito Karnavian juga mengingatkan kepada KPU agar bisa melakukan efisiensi dalam penggunaan anggaran Pemilu 2024. Hal itu merupakan amanat dari Presiden Jokowi.

"Saat menerima Komisioner KPU tanggal 30 Mei lalu, Bapak Presiden menegaskan agar KPU betul-betul menjaga dan meningkatkan kualitas Pemilu dan Pilkada serentak 2024," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X