Timnas Spanyol Sengaja Kalah dari Jepang Agar Terhindar dari Brasil?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 18:16 WIB
Timnas Spanyol sengaja kalah dari Jepang agar terhindar dari Brasil? (sl/Ist/Glyn Kirk/AFP)
Timnas Spanyol sengaja kalah dari Jepang agar terhindar dari Brasil? (sl/Ist/Glyn Kirk/AFP)

STORILOKA.COM - Timnas Spanyol diduga kalah dari Jepang karena menghindari pertemuan melawan Brasil pada fase knock-out.

Spanyol dipaksa takluk dengan skor 2-1 oleh Jepang pada laga pemungkas Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Pada saat yang sama, Jerman berhasil menang atas Kosta Rika dengan skor telak 4-2 di Stadion Al Bayt.

Baca Juga: Timnas Jepang Berhasil Tundukkan Spanyol sekaligus Usir Jerman dari Piala Dunia 2022

Namun, nasib kedua tim justru bertolak belakang, Spanyol tetap bisa lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup E, sementara Jerman dipastikan tersingkir karena finis di posisi ketiga.

Kekalahan menguntungkan tersebut membuat beberapa pihak berspekulasi bahwa Spanyol sengaja kalah untuk mendapatkan jalur yang lebih mudah pada fase gugur.

Sebelumnya, pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique sempat menyinggung peluang bertemu Brasil jika menjadi juara Grup E.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 : Timnas Spanyol Pesta 7 Gol, Belgia Juga Raih Kemenangan

"Ketika Anda yakin kalau punya tim yang sangat bagus dan ingin main tujuh pertandingan (untuk sampai final), ini bukan soal finis kedua. Kami ingin finis pertama," tutur Luis Enrique melansir dari ESPN, Jumat (2/12/2022).

"Kalau kami menghadapi Brasil di perempatfinal, bagus, kami akan menghadapi Brasil. Tapi kami tidak akan membuat rencana berdasarkan sesuatu yang belum tentu terjadi," kata Luis Enrique.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 : Imbang 1-1 Melawan Spanyol, Gol Niclas Fullkrug Selamatkan Jerman

Pasalnya, Juara Grup E akan berhadapan dengan runner-up Grup F Kroasia di 16 besar, pemenangnya akan bertemu juara Grup G (kemungkinan besar Brasil) atau runner-up Grup H.

Namun, dugaan ini sebelumnya telah dimentahkan oleh Luis Enrique, dia menegaskan bahwa timnya bermain dengan tujuan menang dan tidak ingin mengambil risiko yang tidak diperlukan.

Sementara itu, Spanyol akan berhadapan dengan juara Grup F, Maroko pada babak 16 besar yang digelar Selasa (6/12/2022). ***

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: ESPN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X