• Selasa, 6 Desember 2022

Vladimir Putin Desak PBB Tambah Kiriman Gandum Ukraina ke Negara Miskin

- Minggu, 11 September 2022 | 08:08 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (sl/Ist/storiloka/AFP)
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (sl/Ist/storiloka/AFP)

STORILOKA.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menambah pengiriman gandum Ukraina ke negara-negara miskin.

Vladimir Putin menyebut bahwa dari 80 kapal pengangkut gandum yang meninggalkan pelabuhan Ukraina, 32 di antaranya berlabuh di Turki yang dinilainya normal.

Hal itu dinilai karena Turki turut menjadi negara yang melakukan koordinasi pengiriman pangan tersebut.

Baca Juga: Vladimir Putin Disebut Mulai Melemah dan Hilang Kontrol, Lihat Ini Buktinya

“Tiga dikirim ke Afrika Selatan, tiga ke Israel, tujuh ke Mesir, 30 ke Uni Eropa, dan hanya dua ke negara-negara termiskin di bawah program pangan PBB, yaitu Yaman dan Djibouti. Ini hanya 60.000 ton dan hanya 3 persen," kritik Putin, pada Jumat (09/9/2022).

Vladimir Putin mencatat bahwa Rusia tidak dapat mempengaruhi distribusi gandum, tetapi secara umum Moskow berpendapat akan lebih tepat untuk meningkatkan pengiriman ke negara-negara termiskin.

Berdasarkan rencana yang disepakati, Rusia memasok 6,6 juta ton biji-bijian ke pasar dunia pada Mei-Agustus, 6,3 juta ton di antaranya ke negara-negara berkembang di Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

"Rusia berencana memasok 30 juta ton biji-bijian lagi pada akhir tahun dan siap untuk meningkatkan jumlahnya menjadi lebih dari 50 juta ton karena panen tahun ini bagus," kata Putin.

Baca Juga: Memanas, Vladimir Putin Sebut Barat Picu Krisis Ekonomi Global

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X