• Senin, 3 Oktober 2022

Vladimir Putin Disebut Mulai Melemah dan Hilang Kontrol, Lihat Ini Buktinya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 09:09 WIB
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (sl/Ist/Reuters/Mikhail Klimentyev)
Presiden Rusia, Vladimir Putin. (sl/Ist/Reuters/Mikhail Klimentyev)

STORILOKA.COM - Ternyata posisi pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin di Ukraina kian melemah. Hal tersebut seiring dengan makin kuatnya dukungan yang diperoleh Kyiv.

Kurt Volker dari Pusat Analisis Kebijakan Eropa (CEPA) dan mantan perwakilan khusus AS untuk negosiasi Ukraina mengatakan bahwa setiap negara yang secara ekonomi dan politik telah mandiri ingin menjaga jarak dari Rusia dan tidak menyetujui agresi Rusia yang tidak beralasan.

"Negara-negara yang berada dalam posisi lemah yang mungkin membutuhkan mata uang, mereka mungkin membutuhkan perdagangan, mereka mungkin membutuhkan energi impor, akan mencoba melakukan bisnis dengan Rusia, tetapi mereka juga akan berhati-hati karena mereka tidak ingin terikat dalam sanksi global terhadap Rusia," ujarnya kepada UATV, dikutip Newsweek.

Baca Juga: Pria Ini Punya 9 Istri Cantik dan Ingin Tambah 2 Wanita Lagi, Ternyata Begini Rahasianya Agar Tetap Harmonis

Volker mengatakan bahwa dia yakin Rusia berada dalam posisi lemah dan telah menghadapi isolasi ekonomi dan politik, serta kerugian militer yang besar.

Dia menambahkan bahwa karena posisi yang lemah ini, Rusia mencoba mencari dukungan dari mana saja.

Adapun, setelah Putin meluncurkan "operasi militer khusus" di Ukraina pada 24 Februari, negara-negara Barat dengan cepat menjatuhkan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Rusia, termasuk pembatasan atau larangan penuh atas impor minyak Rusia oleh AS dan Uni Eropa.

Baca Juga: Negara Sri Lanka Bangkrut, Para Wanita Terpaksa Barter Hubungan Seks dengan Makanan karena Krisis Ekonomi

Selain kejatuhan ekonomi, Vladimir Putin dan Rusia secara keseluruhan telah menghadapi konsekuensi dalam hal hubungan diplomatik dengan negara lain.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X