• Senin, 3 Oktober 2022

Wikipedia Tegas Menolak Perintah Rusia untuk Hapus Informasi Perang Ukraina

- Selasa, 14 Juni 2022 | 13:03 WIB
Wikipedia tegas menolak perintah Rusia untuk hapus informasi Perang Ukraina. (sl/Ist/Wikipedia)
Wikipedia tegas menolak perintah Rusia untuk hapus informasi Perang Ukraina. (sl/Ist/Wikipedia)

STORILOKA.COM - Wikimedia, yayasan yang memiliki portal informasi Wikipedia, diminta oleh pemerintah Rusia untuk menghapus artikel informasi perang di Ukraina. Artikel yang diminta untuk dihapus adalah artikel berbahasa Rusia.

Penolakan penghapusan membuat pengadilan Rusia menjatuhkan denda 5 juta rubel atau sekitar Rp1,2 miliar.

Wikipedia mengajukan banding tentang hal itu dan mengatakan bahwa menghapus infomasi di portal mereka sama dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Rincian pengajuan banding diumumkan pada Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Invasi Rusia ke Ukraina, Vladimir Putin : Kami Tidak Punya Pilihan Lain

1. Disinformasi yang Menimbulkan Risiko Ketertiban Umum

Wikipedia adalah salah satu portal informasi dasar untuk publik yang dimiliki yayasan Wikimedia. Yayasan tersebut berpusat di California, Amerika Serikat.

Hampir semua entri di Wikipedia, ditulis dan diedit oleh sukarelawan. Portal informasi itu sekarang terdiri dari 300 bahasa di dunia, termasuk bahasa Rusia.

Dilansir Reuters, Pengadilan Moskow berpendapat bahwa informasi di Wikipedia seputar perang Rusia di Ukraina adalah disinformasi dan menimbulkan risiko bagi ketertiban umum di Rusia.

Kasus itu diajukan oleh regulator Roskomnadzor dan Wikimedia dituntut 5 juta rubel atau Rp1,2 miliar karena dinilai gagal menghapus informasi yang dilarang.

Halaman:

Editor: Jhonatan Raga

Sumber: idn times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X